Selamat datang di website Hukum dan HKI Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Bimbingan Paten, Cipta, dan DTLST

BIMBINGAN PATEN, CIPTA, DAN DESAIN

07 s/d 09 FEBRUARI 2011, GEDUNG I LANTAI 9 BPPT


Pada tanggal 07 s/d 09 Februari 2011 Bagian Hukum dan HKI Biro Umum dan Humas kembali menyelenggarakan Kegiatan Rutin tiap tahun dalam bentuk 2 buah kegiatan sosialisasi HKI yang diadakan di Gedung I, Lantai 9 BPPT yaitu “Bimbingan Draft dan Substantif Paten”, serta “Bimbingan Hak Cipta dan Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu”. Dalam Kegiatan ini dihadiri oleh 4 orang narasumber, yaitu : Ir. Mahruzar (narasumber paten), Ir. Azhar (narasumber paten), Stephanie Kano, SH. MH (narasumber cipta), dan Ir. Budi Suratno, M.IPL. (narasumber desain). K egiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Biro Umum dan Humas BPPT, Bp. Hamir Hamzah. Dalam pembukaannya Beliau menerangkan bahwa kegiatan seperti ini adalah kegiatan rutin Bagian Hukum dan HKI Biro Umum dan Humas dalam rangka untuk memfasilitasi para perekayasa/ teknisi litkayasa, peneliti, dan pegawai di lingkungan BPPT dalam menghasilkan invensi guna meningkatkan daya saing industri dan daya saing nasional.

 

Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul yaitu apa peran BPPT dalam si stem daya saing nasional dan lebih khususnya apa peran bagian hukum unit pengelola HKI Biro Umum dan Humas dalam mewujudkan visi dan misi BPPT. Daya saing merupakan peran utama. Sedangkan dalam teknologi, peran BPPT dalam meningkatkan daya saing nasional dapat terwujud apabila karya-karyanya bisa diterapkan dalam industri.


Selama ini tiap tahun hasil PNBP BPPT terus mengalami peningkatan hal ini dihasilkan mayoritas dari layanan jasa, sedangkan secara literatur lembaga riset teknologi sepertihalnya BPPT, dinilai keberhasilannya adalah berapa teknologi yang dihasilkan, berapa paten yang diperoleh, lebih konkritnya adalah berapa nilai rupiah yang disumbangkan untuk institusi tersebut, dan bukan berapa jumlah anggaran yang diberikan Negara untuk institusi tersebut.


Sebagai tantangan berat unit pengelola HKI Biro Umum dan Humas, adalah bagaimana meningkatkan HKI/paten yang dapat dikomersialisasikan dalam dunia industri. Hal ini dapat ditingkatkan dengan dua hal yaitu meningkatkan jumlah HKI/paten dan meningkatkan kualitas paten. Sebagai tindak lanjut dari peningkatan kualitas HKI, maka pada tahun ini, bagian hukum dan HKI telah membentuk Majelis HKI yang akan menilai suatu HKI layak untuk diajukan dan bagaimana tingkat komersialisasinya dalam dunia industri.


Dengan Bimbingan Paten, Hak Cipta, dan Desain Tata Letak Sirkuit terpadu ini diharapkan dapat memacu semangat inovasi para perekayasa/ teknisi litkayasa, peneliti, dan pegawai di lingkungan BPPT dalam menghasilkan Hak Kekayaan Intelektual.


 

Statistik Pengunjung

free counters

Kalender

September 2017
SMTWTFS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930