Selamat datang di website Hukum dan HKI Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

MEDIASI TEKNIS PATEN PDF Print E-mail
Written by admin   
Tuesday, 28 May 2013 21:47

RAPAT DI LUAR KANTOR DALAM RANGKA MEDIASI TEKNIS PATEN

 

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengetahuan para inventor BPPT disertai penilaian terhadap substantif paten meliputi: Novelty (kebaruan), Clarity (kejelasan), Unity of Invention (kesatuan invensi), Inventive Steps (mengandung langkah inventif), dan Industrial Applicability (dapat diterapkan dalam industri) dan penyelesaian draft dokumen paten untuk dapat didaftarkan pada Ditjen HKI, Biro Umum dan Humas c.q. Bagian Hukum dan HKI melaksanakan Mediasi Teknis Paten untuk membahas teknis penyusunan dokumen dan drafting paten bertempat di Graha Transportasi Kementerian Perhubungan, Tugu, Puncak Bogor.


Kepala Bagian Hukum dan HKI, Bp. Ulfiandri, S.H., M.H, dalam laporannya menyatakan bahwa “Mediasi Teknis ini adalah yang kedua kalinya dengan harapan bukan hanya bisa didaftarkan pada Kantor Ditjen HKI, akan tetapi hal yang paling perlu diperhatikan adalah nilai ekonomi dari Paten tersebut yang merupakan indikasi dari berapa banyaknya Paten kita yang digunakan oleh pihak industri. Dalam acara ini dihadiri oleh + 54 orang peserta yang terdiri dari 30 orang inventor BPPT, 4 orang Narasumber Paten Ditjen HKI, 14 orang anggota Majelis HKI BPPT, dan 6 orang panitia dari Bagian Hukum dan HKI,Biro Umum dan Humas”.


Dalam sambutannya Kepala Biro Umum dan Humas, Drs. I Gusti Ketut Astana, M.M. menyatakan bahwa Hak Kekayaan Intelektual (HKI) ini merupakan hal yang sangat penting bagi BPPT karena kegiatan BPPT adalah dalam bentuk kerekayasaan dan penelitian yang seharusnya berorientasi HKI. Sehubungan dengan adanya kegiatan Mediasi Teknis sangat membantu para inventor dalam mengusulkan patennya ke Ditjen HKI terutama di dalam pengisian aplikasi-aplikasi dan juga memberikan kemudahan dalam pendaftaran, serta pertemuan ini memberikan pemahaman bagi kita semua dalam pengertian HKI. Sudah banyak sekali HKI BPPT yang dilindungi, akan tetapi ada kebijaksanaan dari Kepala BPPT bahwa agar HKI itu bisa berorientasi ke Industri artinya tidak hanya menghasilkan HKI atau hanya mendaftarkan ke Ditjen HKI, sehingga menyebabkan biaya tinggi karena pemeliharaannya membutuhkan pembiayaan yang cukup besar. Oleh karena itu mudah-mudahan dalam pertemuan ini kita bisa memahami tentang bagaimana dalam menyusun paten agar bisa laku terjual di Industri.


Acara Mediasi Teknis Paten yang berlangsung selama 3 hari ini dimulai tanggal 22 s.d. 24 Mei 2013 dengan membahas sebanyak 26 (dua puluh enam) usulan paten dari beberapa unit kerja di lingkungan BPPT antara lain yaitu: B2TKS, BPPH, BRDST, BTL, BTMP, MEPPO, PTB, PTIP, PTIPK, PTISDA, PTL, PTM, PTPSE, dan UPTHB. Dari pembahasan tersebut diperoleh 22 (dua puluh dua) dokumen paten final yang rencananya akan ditindaklanjuti dengan pendaftaran ke Ditjen HKI, Kementerian Hukum dan HAM RI.

 

Last Updated on Wednesday, 29 May 2013 01:43
 

Statistik Pengunjung

free counters

Kalender

August 2020
SMTWTFS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031