Selamat datang di website Hukum dan HKI Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

BIMBINGAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HKI) PDF Print E-mail
Written by admin   
Wednesday, 06 March 2013 04:17

Menindaklanjuti Bimbingan HKI yang pernah diselenggarakan oleh Unit Pengelola HKI tahun sebelumnya, untuk tahun ini Unit Pengelola HKI mencoba melaksanakan Bimbingan HKI  kembali dengan bentuk yang berbeda yaitu dengan mempertemukan antara inventor BPPT dengan Narasumber Paten Ditjen HKI dengan didampingi oleh Majelis HKI BPPT guna menyelesaikan permasalahan yang timbul dalam aplikasi paten yang selama ini ada, serta membantu percepatan dalam pendaftaran aplikasi paten tersebut ke Kantor Ditjen HKI Kementerian Hukum dan HAM RI. Dalam rangka peningkatan kualitas pengetahuan para inventor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengenai Hak Kekayaan Intelektual (HKI) baik dari segi substantif dan ekonomis, maka Unit Pengelola HKI BPPT mencoba mengadakan Bimbingan HKI dalam bentuk mediasi, yaitu dengan jalan meminta usulan-usulan paten dari unit kerja di lingkungan BPPT, dan kemudian diklasifikasikan dan disiapkan dalam pelaksanaan Bimbingan HKI dengan bentuk Bimbingan Substantif Paten yang dilaksanakan pada Graha Transportasi Kementerian Perhubungan, Tugu Puncak Bogor selama 2 hari (27 s.d. 28 Maret 2012) dengan topik : “Percepatan Proses Aplikasi Paten Melalui Bimbingan Substantif Paten” dan dilanjutkan dengan Bimbingan Drafting Paten dengan topik: "Akurasi Dokumen Paten Melalui Bimbingan Drafting Paten yang dilaksanakan selama 2 hari (29 s.d. 30 Maret 2012).


Dalam pelaksanaan Bimbingan Substantif dan dilanjutkan dengan Drafting Paten tersebut menghadirkan Narasumber dari Ditjen HKI Kementerian Hukum dan HAM RI yaitu Ir. Syafruddin, M.Si, Drs. A. Muniri, Ir. Fauzi Tanjung, dan Ir. Azhar. Ruang lingkup materi kegiatan tersebut antara lain Penelusuran (searching) Dokumen Paten , Patentabilitas Suatu Invensi , Teknis Pelaksanaan Bimbingan HKI , Bimbingan Substantif Paten, Bimbingan Penelusuran Paten (Searching), Drafting Paten, Penyempurnaan Draft Final Dokumen Paten, dan Evaluasi Kegiatan. Tercatat sebanyak 43 orang peserta yang terdiri dari 26 orang inventor dari unit kerja BPPT yang meliputi unit kerja PTM, PTPSE, PTKKE, PTIM, PTIPK, PTB, PTFM, dan PTA, 4 orang Narasumber Paten dari Ditjen HKI, dan 13 Orang Anggota Majelis HKI BPPT.


Dari pelaksanaan kegiatan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa selama bimbingan Substantif dan Drafting Paten berlangsung, peserta cukup koordinatif dan aspiratif, hal ini dibuktikan dengan antusiasme peserta dalam melaksanakan penelusuran dokumen paten pada hari pertama hingga pukul 23:00 WIB dengan tujuan untuk diperolehnya dokumen pembanding yang sesuai dengan judul invensi mereka dan diperolehnya Dokumen Paten Final guna ditindaklanjuti dengan pendaftaran ke Kantor Ditjen HKI, Kementerian Hukum dan HAM RI. Bentuk Bimbingan seperti ini ternyata cukup efektif baik dilihat dari segi waktu maupun hasil bimbingannya. Dengan melihat efektifitas bimbingan tersebut, maka untuk Bimbingan selanjutnya perlu dilakukan dalam bentuk seperti itu juga, dengan target untuk memperoleh hasil usulan paten yang optimal dan telah ternilai substantifnya.

Last Updated on Monday, 18 March 2013 01:54
 

Statistik Pengunjung

free counters

Kalender

July 2017
SMTWTFS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031